#dicipok di pameran komputer MBC 2012 saat #teng2crit bersama onliners #jogja

MBC atau Mega Bazaar Computer, sebuah ajang pameran komputer dan tetek bengeknya diadakan di Jogja Expo Center Kota Jogja pada tanggal 3 - 7 Maret 2012. Acara ini selain untuk memeriahkan bisnis komputer, juga mengajak para pegiat onliner dan para pekerja yang berkesibukan dengan alat yang bernama komputer untuk berdikusi atasu saling berbagi ilmu tentang penggunaan Teknologi Informasi Komputer, rundown acara terlampir. Dalam kesempatan ini para pegiat maya, yang biasanya disebut blogger, tuxer atau para penggila twitter, maupun sosial media disediakan waktu dan tempat untuk berkolaborasi sembari berbelanja komputer tentunya.

Hal itu sejak beberapa minggu yang lalu di kabarkan dengan pertemuan-pertemuan dengan Satria Ramadhani, penanggung jawab Pameran MBC dari Dyandra. Kebaikan dan niat baik Dyandra dan MBC ini tidak disia-siakan, maka klan #dicipok, digital cipta kreatif lokal, pun akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berkolaborasi dan berbagi masih dengan thema belajar mobile developer untuk menggiatkan kreatifitas digital dengan basis konten atau orang lokal. Jadi maksudnya keragaman cipta digital yang ada dalam gadget, maupun internet harus bisa juga dibuat oleh setiap orang yang mau belajar. Karena alat untuk membuatnya sudah lengkap, tidak perlu harus yang mahal, namun kreatifitaslah yang menjadi kunci untuk menjadi tuan rumah kreatifias digital dan sosial media.

Dicipok, Digital Cipta Kreatif Lokal memang hanya seperti tagline dari sebuah cita-cita, berhaluan kode sumber terbuka berlisensi GPL alias siapapunboleh ikut bergabung, dengan harapan kreatifitas digital dan konten lokal dapat dikawinkan dan menjadi sebuah alternatif pelepasan hasrat kreatifitas yang tidak terbatas, jika tidak bisa dikatakan sebagai sebuah pekerjaan profesional yang baru. Minimal sebagai orang yang mencintai negaranya, Indonesia tentunya, dapat memberikan sumbangan berharga bagi orang banyak jika tidak boleh dikatakan sebagai kegiatan yang positif.

Pada Minggu tanggal 4 Maret 2012 ini dicipok akan berjalan dari jam 10 siang hingga 9 malam dengan perincian, jam 10 sampai jam makan siang jika mencukupi akan diisi oleh guru besar opensource Android Jogja mas Sony Set @JbdkDIY (jangan bugil di depan kamera). Kemudian dilanjutkan dengan ular-ular yang berharga bagi konten lokal agar tidak lupa pada kulit kacang, yaitu dari Paguyuban Anggoro Kasih, atau Paguyuban Selasa Kliwon, bukan semacam memetwit namun bagaimana kita bisa menghargai dan mengenal budaya Jawa yang sebenarnya setiap detik kita bersentuhan mesra dengannya.

Sore hari, jam bakda Ashar kalo orang Jogja bilang, akan di ajak untuk mengenal monetise online, atau menguangkan kegiatan online, bersama @IDBlogNetwork, sebuah publisher yang berusaha untuk mengembangkan kepintaran ngeblog - blogger menjadi kegiatan yang bisa menghasilkan. IDBlognetwork akan mempresentasikan tips dan trik bagaimana mendapatkan hati dari publisher agar blog kita dilirik - dengan persyaratan konten positif dan sehat tentunya, oleh para advertiser ataupun company yang akan melakukan kampanye digital, kalau tidak boleh disebut sebagai iklan internet. 

Dilanjut kemudian bersama komunitas JFD, Jogja For Dollar, sebuah komunitas maya atau pegiat internet untuk memburu dollar dengan cara menulis atau membuat blog. Mereka akan sharing pengalaman dan mengajak untuk daripada jadi koruptor atau PNS atau babu rupiah, dengan berkreasi membuat blog atau penulisan yang menarik tentang produk yang bisa di beli di toko online Amazon[dot]com. Juga beberapa tips dan trik positif tentang Search Engine Optimization, bahasa kerennya adalah bagaimana agar tulisan atau posting blog bisa mendapatkan ranking yang baik di mesin pencari, biasanya juga disebut Optimasi atau SEO, oleh rekan-rekan @blogger_jogja yang pernah dan memiliki pengalaman berpraktek SEO di blognya, seperti Ferry Yunus, Jeanot, Elang Ajib dan banyak lagi.

Acara pada malam harinya adalah campur baur, tumplek bleg antar komunitas lokal di Jogja yang bisa hadir tentunya, seperti @JogjaUpdate, Komunitas Blogger Jogja, @JalinMerapi, yang akan di pandu oleh sebuah komunitas cair onliner Jogja yang biasanya tenguk-tenguk crito di angkringan, yaitu @teng2crit. Sepertinya memang acara malam akan sangat terbuka bagi komunitas lain untuk ikut bergabung dan berkenalan seperti @blognusantara @liburanjogja, @temukonco atau siapapun yang bergerak di bidang opensource seperti Ubuntu Jogja, KPLI ataupun Jogja Goes Opensource. Tinggal mention saja ke @jogloabang atau siapapun yang bisa dihubungi. Sayang sekali tiga akun yang karena kesibukannya yang luar biasa seperti @terselubung, @IDberry dan @Jauhari tidak bisa datang memeriahkan pertemuan sambil nonton dan beli komputer di pameran Mega Bazar Computer di Jogja Expo Center ini.

LampiranUkuran
Rundown MBC 2012 Jogja30 KB

Komentar

Maksimal! Ada Anggoro Kasih lagi :D Itu yg bagian terakhir apa benar begitu Pak? "Sayang sekali tiga akun yang karena kesibukannya yang luar biasa seperti @terselubung, @IDberry dan @Jauhari tidak bisa datang memeriahkan pertemuan sambil nonton dan beli komputer di pameran Mega Bazar Computer di Jogja Expo Center ini." wah...

mantap ini ane mau dateng.. pembicaranya kelas atas di komunitas online .. semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat.. aminnn

wah lagi ngerti #doh

aq pingin teteke wae, bengeke ga usah :D

duh aku kudu piye... saiki yo lagi Pameran.... *