Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on February 16, 2018
kamus dana desa

UU 6 tahun 2014 tentang Desa memberikan khasanah baru dalam penggunaan istilah-istilah kosakata dalam Pembangunan Desa. Hal-hal atau kata-kata yang sebaiknya segera menjadi ramah dalam telinga dan penggunaan ketika berbicara tentang Desa. Glosarium muncul karena sebanyak ribuan desa dalam setiap tahunnya menggunakan kata-kata ini untuk merencanakan, melaksanakan dan menyusun laporan pembangunan Desanya.

Kamus Dana Desa

ADD (Alokasi Dana Desa):

Dana perimbangan yang diterima kabupaten/ kota dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota setelah dikurangi dana alokasi khusus.

Akuntabel:

Perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan dan pengendalian sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Asas akuntabel yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

APB Desa (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa):

Rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah desa dan BPD, yang ditetapkan dengan peraturan desa.

APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara):

Rencana keuangan pemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Aset:

Sumber daya ekonomi yang dikuasai dan/atau dimiliki oleh desa sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi dan/atau s