Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on May 04, 2017
Jogja International Air Show

Jogja International Air Show tahun 2017 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum tahun 2017 event yang merayakan bulan dirgantara setiap tahunnya ini dikenal dengan sebutan Jogja Air Show, ada penambahan kata 'international' karena di tahun 2017 ini melibatkan sebanyak 18 negara yang turut aktif dalam perhelatan Jogja International Air Show 2017. Hal ini diungkapkan oleh Danlanud Adisucipto Marsekal Madya TNI Novyan Samyoga.

Pada hari kedua Jogja International Air Show 2017 - JIAS2017 yang diadakan di Kompleks Candi Prambanan, Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan bahwa Pameran Dirgantara pada tahun ini telah menjadi event international dengan diikuti 18 negara dan diadakan di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah DI Yogyakarta. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 26 April 2017 JIAS diadakan di Lanud Gading, Playen, Kabupaten Gunungkidul, pada 27 April 2017 dipusatkan di Kompleks Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, tanggal 28 April 2017 di Alun-alun Wates, Kabupaten Kulonprogo, tanggal 29 April 2017 dipusatkan di Alun-alun utara Kraton Jogja, Kota Jogjakarta dan diakhiri di Pantai Depok, Kabupaten Bantul pada tanggal 30 April 2017.

Tujuan penyelenggaraan JIAS atau Jogjakarta International Air Show ini adalah untuk mendekatkan masyarakat dengan TNI Angkatan Udara, demikian pula sebaliknya masyarakat luas dapat lebih mengenal dan mencintai TNI Angkatan Udara. Selain untuk menyemarakkan bulan dirgantara, yang diadakan oleh seluruh pangkalan TNI AU di seluruh Indonesia. Tentu saja kegiatan ini akan menarik dan menjadi aset wisata bagi Daerah Istimewa Yogyakarta yang selalu dipenuhi pelancong pada saat liburan. Meski dalam hal ini TNI AU harus dapat lebih bersifat sabar dan dapat mentoleransi para pelancong, wisatawan dan warga masyarakat yang sulit menyesuaikan dengan standar disipiin kemiliteran TNI AU maupun disiplin penerbangan. Baik karena kekurangpahaman ataupun karena sifat pelancong dan wisatawan yang inginnya santai lepas dari kerja penat di kantor.

Jogja International Air Show

Jogja International Air Show

Jogja International Air Show

Dirgantara Carnival Jogja International Air Show

Jogja International Air Show Kraton

Jogja International Air Show Kraton Jogja

Warga Jogja International Air Show

Dirgantara Carnival Jogja International Air Show

Pasukan Kraton Dirgantara Carnival

Polisi Militer Kraton Jogja

Polisi Militer Kraton Jogja

Pasukan Kraton Dirgantara Carnival

Polisi Militer Kraton Jogja Dirgantara Carnival JIAS

Dirgantara Carnival Jogja International Air Show Paskhas

Seperti ketika di Airpit Depok dan Lanud Gading dimana masyarakat bercampur baur dengan tidak adanya pembatas yang jelas antara landasan pacu pesawat terbang dan penonton. Petugas dari TNI AU cukup sabar dalam menolerir dan mengatur masyarakat dengan memberikan nasehat dan peluit-peluit. Karena jika dipikir-pikir landasan pacu pesawat meskipun untuk pesawat kecil maupun gantole, tentu secara disipilin dan SOP harus bersih dan 'clear' dari lalu lalang manusia. Salut untuk keterbukaan TNI AU yang dicontohkan dalam hal ini, kerja keras para petugas atau panitia membuahkan hasil, yaitu warga masyarakat dapat melihat lebih jelas dan dekat kegiatan dan olahraga kedirgantaraan yang tentu sangat mahal harganya.

Promosi ataupun pengenalan fasilitas dan aturan kedirgantaraan selayaknya dapat diketahui masyarakat luas. Sebab bukan tidak mungkin kemacetan dan banyaknya pengunjung di Airpit Depok akan lebih membludak lagi tahun depan. Perlu pemikiran dan perencanaan yang lebih terstruktur lagi dan tentunya aspek 'woro-woro' tentang standar keamanan melihat kegiatan kedirgantaraan yang bisa dipahami dengan mudah oleh warga, agar memudahkan petugas, panitia dan masyarakat dalam menikmati jalannya Jogjakarta International Air Show.

Salut Jogja International Air Show - JIAS 2017 berjalan dengan lancar dan sukses. Dukungan dari Masyarakat Digital Jogja - Masdjo, tentu dapat lebih dimaksimalkan lagi dalam mendukung kenyamanan warga untuk dapat menikmati dan kabar bagus bagi para pelaku wisata bahwa konten wisata Jogja akan lebih beragam dengan adanya Jogja International Air Show yang pastinya tahun depan akan lebih keren lagi.